Sabtu, 27 Desember 2014

Latar Belakang Sejarah “Indonesia”

Tahukah Anda asal-muasal Negara Indonesia?
Ternyata, Indonesia merupakan sebuah negara yang berasal dari dua (2) suku kata yang diambil dari bahasa Yunani. Indo yang berarti India dan Nesos yang berarti Pulau. Jika diartikan bahwa “Indonesia” adalah sebuah Pulau India. Benarkah demikian? Lantas apa hubungannya?
Ialah Aleksander Agung, seorang penakluk asal Macedonia yang telah hampir menjelajahi seluruh penjuru dunia ini. Terlahir di kota Pella, Macedonia pada 356 SM dan merupakan murid seorang filsuf terkenal, Aristoteles. Tak hanya dikenal sebagai seorang penjelajah, ia pun dikenal sebagai seorang komandan perang terhebat sepanjang masa. Memulai menjadi pemimpin perang sejak kematian ayahnya Filipus II dari Makedonia pada tahun 336 SM.
Bersamaan dengan penjelajahannya ke seluruh penjuru dunia bersama dengan para pengikutnya, ia pun mengekspansikan kepemimpinannya dengan memerangi setiap daerah yang menjadi tempat yang ia singgahi. Ketika dalam proses penjelajahannya, dari Macedonia hingga sampai setiap tempat yang ia singgahi ia selalu menang dalam setiap peperangan.Karena berkeinginan mencapai “ujung dunia” yakni India, Aleksander pun menginvasi India pada tahun 326 SM, namun terpaksa mundur karena terjadi pemberontakkan terhadap para tentara pengikutnya yang sudah tidak ingin menuruti keinginan darinya, sehingga para pengikutnya pun memutuskan untuk mundur dan kembali ke kampung halaman.
Dari penjelajahannya itulah banyak yang menginspirasi para penjelajah lain yang ingin membuktikan tentang “ujung dunia” tersebut. Sebenarnya dalam proses penjelajahannya tersebut, mereka tiba di suatu pulau (yang sekarang adalah Negara Indonesia) yang tidak mereka ketahui namun mereka katakan bahwa itulah “ujung dunia” karena jauhnya perjalanan yang telah mereka tempuh dari tempat semula mereka.
Dalam hal lain pun banyak penjabaran mengenai latar belakang Indonesia.
  • Sebutan “Indonesia” disampaikan oleh J.R Logan dalam “Journal of the Indian Archipelago and East Asia” pada tahun 1850.

  • W.E Maxwell dalam buku penuntun bahasa melayu, pada tahun 1882

  • Adolf Bastian dalam “Indonesien order die inseln des Malaysichen Archipels” tahun 1884-1889
    13935231391841904955
  •  
    Ari P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar